Pembuatan Logo, Jasa desain logo, Logo branding perusahaan, jasa pembuatan logo, Terbaik di Indonesia, paket branding usaha

Company Paket Logo Cara Pesan Portfolio

Kiat rebranding Logo Perusahaan yang sukses

Tidak ada merek tanpa logo resmi dan identitas visual, ini adalah titik awal apakah perusahaan akan melakukan rebranding atau baru memulai proses branding pertama. Apakah anda ingin mengubah citra perusahaan? Mungkin Anda tidak lagi terinspirasi oleh logo perusahaan anda, atau merasa estetika tidak berbicara dengan nilai-nilai perusahaan, atau perusahaan mempunyai cabang diwilayah baru.

Mengubah citra perusahaan bukanlah pertanda buruk, di sisi lain sebagian besar perusahaan yang sukses melakukannya, dari perusahaan pemula hingga perusahaan yang suadah terkenal. Seringkali, perubahan nama berarti bahwa perusahaan telah berkembang melampaui identitas sebelumnya dan sekarang siap untuk mencapai ketinggian baru. Rebranding menawarkan peluang besar untuk memperkuat kehadiran dan citra perusahaan di mata pelanggan.

Namun, rebranding dapat menjadi proses yang intensif usaha, jadi Anda perlu mempertimbangkan tentang mengapa dan bagaimana mengatasinya. Setelah Anda memiliki representasi visual utama, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu :

1. Buat visi misi untuk merek baru

Cari tahu siapa audiens perusahaan dan apa yang membuat mereka beresonansi dengan suatu produk. Jika perusahaan Anda belum memiliki misi, visi, dan daftar nilai yang dijabarkan dengan jelas, ini adalah saat yang tepat untuk menyatukan tim untuk menghasilkan landasan penting dari merek ini. Pertahankan ini di depan anda dan rujuklah secara konstan untuk memastikan bahwa pilihan merek sesuai dengan keyakinan inti perusahaan.

Rebranding bukan hanya tentang logo atau situs web baru, tetapi tentang seluruh tampilan dan nuansa merek yang Anda refleksikan ke dunia. Pastikan bahwa ada strategi yang konsisten dan kohesif yang mencakup semua elemen logo, kemasan, signage, selebaran, iklan, dll. Jika anda melakukan perubahan citra sebagian, ini sangat penting untuk diingat, karena elemen merek yang baru ditingkatkan perlu masuk akal ketika digabungkan dengan yang sudah ada. Logo maskot baru yang menyenangkan akan berbenturan dengan suara yang lebih serius di situs web dan media sosial, jadi pertimbangkan kendala-kendala ini.

2. Lakukan penelitian

Bicaralah dengan karyawan Anda, pelanggan Anda, penggemar Anda. Dapatkan umpan balik dari mereka dan analisis branding Anda saat ini. Sajikan ide-ide baru dan lihat bagaimana semua orang bereaksi terhadap masing-masing ide tersebut. Anda perlu tahu bagaimana konsumen melihat merek Anda saat ini, apa yang mereka harapkan dari Anda dan bagaimana pasar berubah untuk berubah dengan itu, bukan sebaliknya. Pengetahuan adalah kekuatan.

Sebelum membuang semuanya, pertimbangkan apa yang mungkin sudah berfungsi baik di merek Anda. Mungkin biasanya anda ingin menyimpan setidaknya nama perusahaan. Idealnya, beberapa elemen merek saat ini akan dipertahankan, sehingga ada rasa kontinuitas ketika mengubah citra, dan Anda tidak kehilangan elemen yang sudah beresonansi dengan audiens target Anda.

3. Konsisten

Setelah Anda mengambil di jalan tertentu, tetap di sana. Jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda inginkan, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk satu kegagalan demi satu. Rencanakan ke depan. Itulah mengapa penting untuk membuat buku merek yang akan membantu Anda tetap dekat dengan identitas Anda, bahkan setelah 5 tahun sejak rebranding Anda. Melibatkan klien bisnis dari awal untuk mendapatkan dukungan dan umpan balik. Libatkan semua departemen perusahaan  kepemimpinan, bisnis, desain, teknik, pemasaran dan gunakan ini sebagai latihan untuk memperkuat budaya perusahaan. Anda bahkan dapat melibatkan pelanggan dengan meminta umpan balik mereka melalui jajak pendapat tentang berbagai elemen merek, seperti logo atau slogan. Lemparkan ke polling untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan!

4. Jangan mengubah setiap aspek merek anda dengan terburu-buru

Rebranding lengkap mungkin memerlukan sumber daya yang tidak Anda miliki atau mungkin terlalu lama untuk menguntungkan. Simpan bagian terbaik dari branding lama Anda dan ubah hanya yang buruk. Menyesuaikan.

5. Bangun merek untuk pelanggan

Mereka adalah fokus utama Anda. Orang-orang: pelanggan, penggemar, atau pengikut Anda. Pikirkan tentang hal itu ketika Anda memutuskan untuk mengubah citra atau identitas perusahaan Anda dan berusaha menjadi seperti yang Anda inginkan. Inilah yang telah dilakukan oleh Kawat dengan merek mereka – mereka semakin dekat dengan konsumen.

6. Buat gambar visual yang dapat ditempatkan dimana saja

Tidak masalah jika pelanggan Anda memasuki toko lokal, jika mereka mendarat di situs web resmi Anda atau halaman media sosial. Mereka harus mengenali merek Anda terlepas dari lokasi.

7. Buat strategi konten visual.

Ini adalah langkah penting dari proses rebranding terutama hari ini, ketika konten visual lebih berharga daripada teks tertulis. Orang bereaksi lebih baik terhadap visual dan mereka akan mengaitkannya dengan merek Anda dengan lebih mudah. Mulailah dengan memilih warna yang tepat untuk dikaitkan dengan merek, pilih font, media pendukung dan segala sesuatu yang dapat dianggap sebagai bagian dari identitas visual Anda.

 
Tags:
© Copyright BigBrands Company. All Right Reserved.
WhatsApp chat